RESENSI BUKU "MANAJAMEN PERBANKAN"
1. Penilaian Sampul Buku
Sampul buku menjadi salah satu faktor
untuk menarik pembaca. Karena itu, desain sampul harus dibuat semenarik
mungkin. Seperti sampul buku yang kami resensi ini. Desainnya sampul depan menurut
kami sangat bagus, tampilannya secara tidak langsung menggambarkan isi. Frame
atau bingkai yang ada di pinggiran buku menambah nilai estetika buku ini. Tidak
hanya itu, jenis huruf yang digunakan untuk mencantumnkan nama dan judul buku
sangat menarik menurut kami.
Beralih ke sampul belakang, terdapat
penjelasan singkat terkait dengan isi buku. Hal ini menjadi nilai tambah untuk
buku ini, karena ada sebagian orang yang mau melihat sekilas penjelasan tentang
buku yang akan dibaca, agar mereka bisa tahu apakah buku ini menurut meraka
bagus atau tidak.
2. Materi
Bank secara sederhana dapat diartikan
sebagai lembaga yang kegiatan utamanya adalah menghimpun dana dari masyarakat
dan menyalurkannya kembali dana tersebut ke masyarakat serta memberikan jasa
bank lainnya. Sejarah dikenalnya asal mula kegiatan perbankan dimulais dari
jasa penukaran uang. Oleh karena itu, bank dikenal sebagai tempat menukar atau
sebagai meja tempat menukarkan uang. Jenis-jenis bank : 1) Dilihat dari
fungsinya : bank umum, bank pembangunan, bank tabungan, bank pasar, bank desa,
lumbung desa, bank pegawai. 2) Dilihat dari segi kepemilikannya : bank milik
pemerintah, bank milik swasta asing, bank milik asing. 3) Dilihat dari segi
status : bank devisa dan bank non devisa. 4) Dilihat dari segi menentukan harga
: bank berdasarkan prinsip konvensional
dan bank berdasarkan prinsip syariah.
Kegiatan-kegiatan perbankan yaitu : 1) Menghimpun dana
dari masyarkat (funding) dalam bentuk
simpanan giro (demand deposit), simpanan tabungan (saving deposit) dan simpanan
deposito. 2) Manyalurkan dana ke masyarakt (lending) seperti kredit investasi
kredit (KIK), kredit modal kerja (KMK), kredit perdagangan kredit (KPK), kredit
konsumtif (KK) dan kredit produktif kredit. 3) Memberikan jasa-jasa bank
lainnya (services) antara lain menerima setoran, melayani
pembayaran-pembayaran, transfer, inkaso, kliring, safe deposit box, bank card,
bank notes, bank garansim referensi bank, bank draft, letter of credit, cek
wisata dan jasa lainnya.
Pengertian sumber dana bank adalah usaha bank dalam menhimpun
dana dari masyarkat perolehan dana ini tergantung dari bank itu sendiri, apakah
dari simpanan masyarakat atau dari lembaga lainnya. Jika tujuan perolehan dana
bank untuk kegiatan sehari-hari, jelas berbeda sumbernya, dengan jika bank
hendak melakukan investasi baru atau untuk melakukan perluasan suatu usaha.
Kebutuhan dana untuk kegiatan utama bank diperoleh dalam berbagai simpanan,
sedangkan jika kebutuhan dana digunakan untuk investasi baru atau perluasan
usaha maka diperoleh dari modal sendiri.
Peranan bank sebagai lembaga keuangan tidak pernah
lepas dari masalah kredit. Bahkan kegiatan bank sebagai lembaga keuangan ,
pemberian kredit merupakan kegiatan utamanya. Besarnya jumlah kredit yang
disalurkan akan menentukan keuntungan bank. Jika bank tidak mampu menyalurkan
kredit sementara dana yang terhimpun dari simpanan banyak maka akan menyebabkan
tersebut rugi. Oleh karena itu, pengelolaan kredit harus dilakukan dengan
sebaik-baaiknya mulai dari perencaan jumlah kredit, penentuan suku bunga,
prosedur pemberian kredit, analisis pemberian kredit sampai kepada pengendalin
kredit yang macet.
Kegiatan perbankan yang ketiga adalah memberikan
jasa-jasa bank lainnya. Tujuan pemberian jasa-jasa bank ini adalah untuk
mendukung dan memperlancar kedua kegiatan sebelumnya yaitu kegiatan menghimpun
dana dan menyalurkan dana. Semakin lengkap jasa bank yang diberikan, maka
semakin baik, hal ini disebabkan jika nasabah hendak melakukan suatu transaksi
perbankan, cukup berhenti di satu bank saja. Demikian pula sebaliknya jika jasa
bank yang diberikan kurang lengkap, maka nasabah terpaksa untuk mencari bank
yang lain yang mneyediakan jasa yang mereka butuhkan.
Salah satu pengelolan penting dalam dunia perbankan di
samping pemasaran bank adalah pengelolan terhadap sumber daya manusia (SDM).
Hal ini disebabkan sumber daya manusia merupakan tulang punggung dalam
menjalankan rodal kegiatan operasional suatu bank. Untuk itu, penyediaan sumber
daya manusia (banker) sebagai motor penggerak operasional bank haruslah
disiapkan sedini mungkin.
Bank sebagai lembaga keuangan yang menghasilkan jasa
keunagan juga membutuhkan strategi pemasaran untuk memasarkan produknya. Dampak
dari perubahan teknologi juga berdampak positif terhadap perkembangan dunia
perbankan. Produk yang ditawarkan kepada nasabahnya menjadi lebih cepat dan
efisien. Sebagai contoh untuk melakukan pengiriman uang (transfer) dapat
dilakukan pada saat itu juga dengan sistem online computer.
Setiap perusahaan, baik bak maupun non bank pada suatu
waktu (periode tertentu0 akan melaporkan semua kegiatan keuangannya. Laporan
keungan ini bertujuan untuk memberikan informasi keuangan perusahaan, beaik
kepada pemilik, manajemen maupun pihak luar yang berkepentingan terhadap laproan
tersebut. Laporan keangan bank menunjukkan kondisi keungan bank secara
keseluruhan. Dari laporan ini akan terbaca bagaimana kondisi bank yang
sesungguhnya, termasuk kelamahan dan kekuatan yang dimiliki.
Untuk mengetahui kondisi keunagan suatu bank maka dapat
dilihat laporan keuangan yang disajikan oleh suatu bank secara periodik.
Laporan ini sangat berguna terutama bagi pemilik, manajemen, pemerintah dan
masyarkat sebagai nasabah bank, guna mengetahui kondisi bank tersebut. Setiap
laporan yang disajikan haruslah dibuat sesuai dengan standar yang telah
ditetapkan. Ada beberapa rasio keuangan bank yaitu : 1) Rasio Likuiditas yaitu
rasio yang bertujuan untuk mengukur seberapa likuid suatu bank. 2) Rasio
Solvabilitas yaitu rasio yang bertujuan untuk mengukur efisiensi bank dalam
menjalankan aktivitasnya. 3) Rasio Rentabilitas yaitu rasio yang bertujuan
untuk mengukur efektivitas bank dalam mencapai tujuannya.
3. Keunggulan Buku
a. Penggunaan Bahasa
Menurut kami, penggunaan bahasa dalam
buku ini sudah sangat baik. Kami bisa dengan mudah memahami makna setiap
kalimat. Tidak adanya makna kalimat yang kompleks membuat kami bisa memahami
makna/penjelasan yang ada. Karena isi buku ini cukup banyak, kami hanya membaca
beberapa point terkait dengan apa yang dibahas dalam buku ini, point yang kami
baca sudah bisa menjelaskan dan menyimpulkan sebagian masing-masing materi.
b. Ejaan
Penggunaan huruf, kata dan diksi dalam
buku ini menurut kami sudah sangat baik. Walaupun diksi kalimat dalam buku ini
masih berada pada tingkat standar. Kami berpendapat seperti itu karena
penyampaian makna kalimatnya bersifat sederhana, artinya tidak ada kalimat yang
berisi makna hiasan. Tetapi, dengan adanya diksi yang sederhana ini sangat
tepat bagi sebagian orang yang tidak mau memacu nalarnya untuk menganalisis
makna kalimat.
4. Kelemahan Buku
Kelemahan dalam buku ini terletak pada
kerapian hasil pencetakan. Seperti spasi antara subjudul dengan penjabarannya sangat
jauh. Hal ini tidak hanya kami temukan dalam buku yang diresensi, tetapi
buku-buku yang sudah pernah kami baca juga, banyak terjadi kasus seperti itu.
Kami bisa memaklumi hal ini, karena yang menulis buku ini merupakan manusia
biasa yang tidak pernah luput dari kesalahan.
Kelemahan juga terletak di penggunaan
preposisi, seperti kata yang seharusnya di
samping tetapi ditulis disamping.
Kami kurang bisa menelusuri apakah ini memang ketidaktahuan penulis atau hanya
sekadar salah penulisan saja.
5. Kesimpulan
Dari penjabaran point-point di atas,
kami dapat menyimpulkan bahwa buku ini termasuk
rekomendasi buku bacaan, khususnya bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi.
Ditinjau dari sampulnya, buku ini sangat menarik, dengan penggunaan bahasa, huruf,
kata dan diksi kalimat menjadi pendukung untuk menarik pembaca dalam memahami
isi buku secara singkat, padat dan jelas.
6. Daftar Pustaka
Kasmir.
2000. Manajemen Perbankan. Jakarta :
PT. RajaGrafindo Persada
Mohon beri kritik dan saran ya teman"..
SALAM KREATIVITAS!!
Saran ka mngkin bisa membuat contoh review dan menjelaskan bagian2 dalam melakukan review
BalasHapusTerima kasih atas masukkan dan kunjungannya.
Hapus